Air Terjun Yang Wajib Kalian Datangi Jika Berkunjung Ke Sultra

Air Terjun Sulawesi Tenggara


ZonaNgopi – Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki daya tarik pariwisata yang diperhitungkan dan layak untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Mengunjungi Sulawesi Tenggara akan menunjukkan pada kita wajah Indonesia yang masih asri dan asli. Atau bagi Anda yang berasal dari Indonesia bagian barat, mengunjungi wisata di Sulawesi bisa menunjukkan wajah asli Indonesia dari sudut yang lain.

Berikut referensi tentang Air Terjun Sulawesi Tenggara yang di ambil dari berbagai sumber yang wajib kalian kunjungi :

  • Air Terjun Kandawu-Ndawuna Pulau Buton
Air Terjun Kandawu-Ndawuna Pulau Buton yang terletak di desa wakuli kecamatan kapontori kabupaten buton yang memiliki pesona permandian alam air terjun kandawu-ndawuna.

Air Terjun Kandawu-Ndawuna (sumber:internet)

Untuk bisa melihat dan merasakan kesejukan di air terjun ini butuh waktu yang cukup lama di karenakan jarak dari kota baubau ke desa wakuli yang kira-kira kurang lebih 60km.

Perjalanan menuju wisata Air Terjun Kandawunawuna ditempuh melalui darat dari Kota Baubau, yang dulunya merupakan ibukota Kabupaten Buton (sebelum pemekaran). Jarak tempuh kurang lebih satu setengah jam dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata permandian ini sebaiknya jangan pada musim hujan, karena selain jalan yang licin ditambah lagi air sungai deras bisa mengakibatkan terjadinya banjir.

Potensi wisata air terjun ini sayangnya belum tersentuh oleh pemerintah setempat, sehingga belum menjadi destinasi tujuan wisata di Kabupaten Buton.

  • Air Terjun Tirta Rimba

Air terjun Tirta Rimba adalah salah satu objek wisata alam yang layak anda kunjungi di Kota Bau-Bau, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Karena tempat wisata ini menawarkan eksotisme alam yang tak dimiliki objek wisata lain.

Air Terjun yang merupakan aliran Sungai Kokalukuna ini mempunyai ketinggian hanya sekitar 6 meter dengan lebar aliran sungai sepanjang kurang lebih 5 meter.


Air Terjun Tirta Rimba((sumber:internet))

Air Terjun yang terletak 4 km dari kota Bau-Bau ini menjadi favorit warga sekitar karena selain letaknya yang strategis juga murah meriah. Pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp.2.000 dan bahkan pada saat di luar musim liburan pengunjung tidak dikenakan tarif sepeser pun.

Air terjun Tirta Rimba ini, terletak di Kelurahan Lakologou, Kecamatan Wolio, Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, yang berjarak sekitar 4 Km dari sebelah barat pusat Kota Bau-Bau.

Untuk perjalanan menuju tempat wisata ini, dapat ditempuh dengan transportasi darat dengan menggunakan mobil atau sepeda motor, yang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota.

  • Air Terjun Tumburano

Air Terjun Tumburano((sumber:internet))
Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) atau yang lebih akrab dikenal Pulau Wawonii, adalah sebuah kabupaten baru yang dimekarkan pada tahun 2013 lalu. Daerah ini merupakan pemekaran dari daerah Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra).

Air Terjun Tumburano adalah permandian yang terdapat di Wilayah Desa Tumburano, Kecamatan Wawonii Utara.

Air terjun ini adalah tempat wisata yang sangat ramai di kunjungi wisatawan baik itu wisatawan asin maupun Lokal.

Meskipun jaraknya dari pemukiman warga cukup jauh namun masyarakat pulau wawonii sangat mengandalkan tempat wisata ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat pulau ini dari berbagai benjuru yang berkunjung ke tempat wisata ini apa bila hari-hari libur, seperti Hari Raya Idul Fitra, Hari Raya Idul Adha dan hari-hari libur lainya.

Jarak permandian ini dari pemukiman warga berjarak kurang lebih tujuh kilo meter. Jalur yang menghubungkan antara pemukiman warga dengan permandian ini adalah jalan setapak kecil. Untuk dapat sampai di lokasi permandian tersebut bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua. Itupun disaat musim kemarau. Namun apa bila musim hujan, hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

  • Air Terjun Laguna
Air Terjun Laguna ((sumber:internet))

Obyek wisata ini terletak di Kelurahan Karya Baru Kecamatan Sorawolio 24 km dari pusat Kota Bau-Bau yang dapat ditempuh dengan kendaraan darat, roda empat dan roda dua. Obyek wisata air terjun Laguna menyuguhkan keindahan alam dan sejuknya hutan pinus dan kicauan berbagai jenis burung.

Selain melihat air terjun yang selalu memuntahkan air dari tempat yang tinggi dengan sangat deras, kita juga bisa menikmati kesejukan hutan pinus yang masih alami dan lebat. Hal yang lebih menarik lagi adalah banyaknya burung dari berbagai jenis yang berkicau dan terbang dengan bebas.

  • Air Terjun Moramo
Air Terjun Moramo (sumber:internet)

Air Terjun Moramo terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara dan merupakan air terjun bertingkat (cascade) yang indah dengan ketinggian sekitar 100 meter.

Dari ketinggian tersebut, air mengalir melewati tujuh tingkatan utama. Di samping 7 tingkatan utama tersebut, terdapat juga 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air (semacam kolam air).

Dari sekian banyak kolam tersebut, hanya satu yang dapat dimanfaatkan untuk berenang, yaitu kolam yang terletak di tingkat kedua dari 7 tingkatan utama air terjun tersebut.

Menurut cerita yang berkembang di dalam masyarakat, tempat tersebut dipercaya sebagai tempat mandinya para bidadari yang turun dari kayangan.

Beberapa air terjun di wilayah lain di Indonesia mempunyai kontur alam yang bertingkat, sehingga sering disebut air terjun bertingkat, semisal Air Terjun Beringkat di Provinsi Riau.

Hampir serupa seperti air terjun bertingkat itu, Air Terjun Moramo memiliki tujuh tingkatan. Namun, Air

Terjun Moramo ini memiliki keunikan yang khas daerah batuan kapur, yang merupakan tempat air mengalir dengan bebas.

Dengan batuan kapur yang mengelilinginya para wisatawan tidak perlu takut untuk memanjatnya karena dinding-dindingnya tidak licin untuk dipanjat.


Air Terjun Yang Wajib Kalian Datangi Jika Berkunjung Ke Sultra Air Terjun Yang Wajib Kalian Datangi Jika Berkunjung Ke Sultra Reviewed by Rwang Inspirasi on 12:30:00 AM Rating: 5

1 comment:

  1. wuih... air terjunya bagus banget, masuk daftar list buat di explore nih, makasih infonya :)

    ReplyDelete

ads