Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi


Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Pulau di Sulawesi Tenggara (Sultra)

ZonaNgopi - Sulawesi Tenggara (Sultra) menyimpan begitu banyak wisata alam yang tak kalah dibandingkan dengan  daerah lainnya di Nusantara. Khusus wisata bahari, Sultra juga menjadi salah satu surga yang menyimpan begitu banyak spot-spot  menarik.

Lanjutan dari artikel saya sebelumnya yaitu Air Terjun Yang Wajib Kalian Datangi Jika Berkunjung Ke Sultra

Maka, saya memberikan lagi sebuah referensi menarik. Berikut referensi tentang Pulau di Sulawesi Tenggara(Sultra) yang di ambil dari berbagai sumber yang wajib kalian kunjungi :
  • Pulau Bahubulu
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Pulau Bahubulu. (sumber:internet)
Pulau Bahubulu adalah salah satu pulau di wilayah Kabupaten Konawe, provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di selatan Pulau Labangke dan di utara Teluk Taopi.

  • Pulau Bokori
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Pulau Bokori. (sumber:internet)
Pulau Bokori adalah sebuah pulau kecil di depan tanjung Soropia Kecamatan Soropia, Sulawesi Tenggara. Pulau yang dulunya di diami oleh orang-orang suku bajo ini, kini kembali menjadi pusat perhatian

Pulau ini terletak di tengah lautan luas. Karena dikelilingi lautan, berlibur atau berwisata di sini akan memberikan ketenangan  tersendiri, sebab jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk. Sesekali  hanya suara riak-riak ombak kecil dan deru mesin kapal nelayan  yang terdengar dari kejauhan seolah menjadi alunan musik alam yang menentramkan.

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk sampai ke Pulau Bokori. Pertama, menggunakan transportasi laut dari Pelabuhan Kendari langsung ke pulau ini. Kedua menggunakan transportasi darat dari  Kendari menuju perkampungan Suku Bajo.

Dari pusat kota hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai di perkampungan Suku Bajo. Di sini banyak penduduk setempat yang menyediakan jasa antar ke Pulau Bokori. Tarifnya pun terbilang murah meriah. Cukup dengan merogoh kocek Rp 30.000 per orang, Anda sudah mendapatkan layanan antar jemput.

  • Pulau Binongko
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Pulau Binongko
Pulau Binongko adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan tukang besi wilayah Kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di selatan Pulau Tomia.

Di Pulau Binongko ini, kita dapat menikmati keindahan alam tak terbantahkan. Diving atau snorkeling di lautnya yang indah, kemudian menikmati keindahan keanekaragaman hayati bawah laut yang cantik dan tidak terjamah tangan-tangan jahil. Terumbu karang yang cantik dan terjaga pun akan dengan mudah sobat traveler temukan di alam bawah laut Pulau Binongko.

  • Pulau Hoga
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Pulau Hoga. (sumber:internet)

Pulau Hoga adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan tukang besi wilayah Kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia, yang juga merupakan pulau wisata bawah laut terindah di Dunia.

Pulau ini terletak di timur Pulau Kaledupa. Di sekitar Pulau Hoga terdapat beberapa pulau kecil diantaranya Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, Pulau Wangi-Wangi, Pulau

Binongko dan Pulau Kapota. Pulau Hoga merupakan salah satu pulau wisata bawah laut terindah di dunia. Pulau ini memiliki 750 spesies koral dari sekitar 850 yang ada di dunia.

  • Pulau Kabaena
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Pulau Kabaena. (sumber:internet)

Pulau Kabaena atau Tokotua adalah salah satu pulau di wilayah Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Pulau dengan luas daratan sekitar 873 km² terdiri dari 6 kecamata, yaitu Kecamatan Kabaena, Kecamatan Kabaena Barat, Kecamatan Kabaena Timur, Kecamatan Kabaena Selatan, Kecamatan Kabaena Utara, dan Kecamatan Kabaena Tengah.

Untuk mencapai pulau ini harus ditempuh dengan jalur laut, ada beberapa akses untuk sampai ke pulau tersebut, yaitu dengan menempuh kapal jet dari Kasipute Kabupaten Bombana dengan waktu tempuh sekitar 2 jam atau dengan kapal motor sekitar 4 jam, atau dengan kapal fery dari Kasipute Kabupaten Bombana - Dongkala Kecamatan Kabaena Timur.


  • Pulau Sagori
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Pulau Sagori. (Sumber: internet)

Pulau Sagori adalah salah satu pulau di wilayah Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Pulau ini merupakan karang atol berbentuk hampir setengah lingkaran. Pulau tersebut tak lebih dari onggokan pasir putih dengan panjang sekitar 3.000 meter dan pada bagian tengah yang paling lebar, 200 meter.

Jarak terdekat dengan daratan Kabaena sekitar 2,5 mil. Namun, pengunjung biasanya bertolak dari Sikeli, kota pelabuhan di Kecamatan Kabaena Barat, dengan jarak sekitar empat mil atau sekitar 30 menit dengan perahu motor. Sagori merupakan wilayah Kelurahan Sikeli. pulau ini dihuni oleh suku Bajau.

  • Pulau Kadatua
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Pulau Kadatua. (sumber:internet)
Pulau Kadatua adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan tukang besi wilayah Kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di selatan Pulau Muna di uatara pulau Siompu di barat pulau Buton dan di Timur Pulau Kabaena.

Ada hal yang menarik dari pulau ini yaitu Uwe Maasi, satu-satunya sumber air tawar di Kadatua. Uwe dalam bahasa setempat berarti ‘air’ dan Maasi berarti ’emas’.

Konon airnya hanya akan muncul jika diberi emas. Sumur ini juga biasa disebut sumur jodoh, tempat para lajang mandi agar bisa lekas menikah. Maasi juga bisa berarti ‘kasih sayang’.



  • Pulau Kaledupa
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Pulau Kaledupa. (sumber:internet)
Pulau Kaledupa adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan tukang besi wilayah Kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di selatan pulau Wangi-wangi di utara pulau Tomia dan di barat pulau Hoga.

  • Pulau Kapota
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Pulau Kapota. (sumber:internet)

Pulau Kapota adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan tukang besi wilayah Kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di timur Pulau Wangi-wangi.

Pulau Kapota, Wakatobi masih asing bagi banyak orang di Indonesia. Perlahan tapi pasti, keindahan  Pulau Kapota akan sejajar dengan Pulau-Pulau utama di Wakatobi seperti Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Banyak pantai dan air laut yang masih jauh dari tercemar. Pasir putih yang sangat memberikan pengalaman dan sensasi bagi wisatawan tersebar mengelilingi Pulau Kapota. Ada beberapa keunikan dan daya tarik yang berbeda dengan pulau-pulau di sekitarnya, yakni memiliki kelapa bercabang empat dan Danau yang dikelilingi tumbuhan mangrove, dimana letaknya berada di hutan adat. Bila diperhatikan sepintas danau mangrove ini  bentuknya seperti telapak kaki raksasa.

  • Pulau Tomia
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Resort yang ada di Pulau Tomia (sumber: internet)

Pulau Tomia adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan tukang besi wilayah Kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di selatan Pulau Kaledupa dan di Utara pulau Binongko.

Tomia merupakan bagian dari kepulaaun Wakatobi (Wanci, Kaledupa, Tomia dan Binongko), terdiri dari 2 kecamatan Tomia Timur yang berpusat di Usuku dan Tomia Induk berpusat di Waha. Memiliki 18 desa, sebagian besar terletak di daerah pesisir, dan sisa nya di perbukitan. Mayoritas masyarakat Tomia beragama muslim dari berbagai suku Bajo, Bugis, Buton dan Jawa. Mata pencarian utamanya nelayan, buru harian dan pns. Pulau terkecil dari 4 gugusan Wakatobi, sehingga hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk mengeliling Tomia dengan kendaraan bermotor.
Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
Tebing Kulati
Pulua Tomia terletak di kawsan  Coral Tri angel yaitu kawasan Segitiga terumbu karang yang meliputi Indonesia, philipina dan kepulaun Solomon. Dimana wilayah ini merupakan daerah yang kaya dan subur akan keanekargaman terumbu karang juga keanekaragaman biohayai laut lainya (termasuk ikan) terbaik dan tertinggi di dunia. Rataan terumbu karang di pulau Tomia mencapai 1,2 km untuk jarak terjauh dan 130 meter untuk daerah terdekat. kontur dasar laut Tomia bagaikan daratan nya yang memiliki perbukitan, lembah, jurang dan savana.

Dalam artikel kali ini pembahasan untuk pulau tomia agak lebih mendalam,, hehehehe
Pulau cantik ini merupakan tempat yang sangat baik buat snorkling ataupun hanya ingin berenang di lautnya yang jernih.

Dipulau ini terdapat juga sebuah tebing yang sangat indah dan tomia juga dikenal dengan sebuah bukit indah di Kahianga dan di sini ada juga lohh wisata sejarah namanya yaitu Benteng Patua.

Sekian yang bisa saya berikan mengenai-mengenai pulau-pulau di sultra. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita serta kita bisa lebih mencintai Nusantara ini.

Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi Reviewed by Rwang Inspirasi on 3:21:00 AM Rating: 5

No comments:

ads