Hal-Hal Yang Menghalangi Jodoh Kita




ZonaNgopi - Pepatah sering mengatakan bahwa jodoh itu ada di tanggan Tuhan, tetapi pepatah ini akan tidak berguna kalau kita hanya berdiam diri tanpa melakukan usaha ataupun tindakan.

Pengertian 'jodoh' secara bahasa (semantik) adalah pasangan yang pas, atau pasangan yang sesuai di antara keduanya.  Secara terminologi, 'jodoh' adalah pasangan yang saling membutuhkan, atau  pasasangan yang sesuai, cocok, untuk saling menerima dan memberi. (Baca Artikel Menarik Lainnya : Doa Agar Dimudahkan Menemukan Pasangan Hidup)

Pengertian 'jodoh' menurut (agama) Islam, adalah pasangan (laki-laki dan perempuan) yang "telah ditetapkan" atau "disahkan" dalam ikatan pernikahan, disebut pasangan suami-istri (pasutri) , apabila dalam perjalanan pasutri, satu di antaranya meninggal maka per-jodoh-annya putus.

Berikut ini beberapa hal yang menghalangi datangnya jodoh, yang telah dikutip dari berbagai sumber:
1. Berzina
Berzina merupakan perbuatan keji yang sangat dibenci Allah. Bahkan dalam sebuah riwayat menceritakan kisah Nabi Musa yang menolak wanita yang bertobat karena telah melakukan dosa zina.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Israa’: 32)

2. Jarang Shalat dan Melalaikan Salat


Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi.

Dari Abu Hurairah, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda;

“Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala mengatakan,’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”

“Bilamana shalat seseorang itu baik maka baik pula amalnya, dan bilamana shalat seseorang itu buruk maka buruk pula amalnya.” (HR. Ath-Thabarani)

Intinya jarang shalat artinya Allah juga tidak cepat dalam merespon doa manusia terhadap jodoh.

3. Syirik
Syirik merupakan perbuatan menyekutukan Allah SWT dengan selain-Nya. Terkadang usaha kita dalam mendapatkan jodoh justru mengarah ke arah syirik yang semakin membuat jodoh menjauh. Misalnya saja menginginkan jodoh dengan datang ke dukun, tukang ramal, atau memakai jimat-jimat atau bacaan menyesatkan.

4. Hubungan Silaturahmi yang Putus
Bagi anda yang sulit jodoh, ada baiknya anda memeriksa hubungan anda dengan kerabat. Pasalnya salah satu penjauh rahmat adalah putusnya tali silaturahmi antar sesama kerabat.

5. Dosa kepada Orang Tua
Seseorang yang sulit mendapat jodoh ini biasanya mereka pernah berdosa kepada orang tua mereka.

Rasulullah mengatakan jika orang tua merupakan perwakilan Allah SWT di dunia dan keridhaan mereka akan menjadi ridha Allah, sehingga jika kita melakukan dosa terhadap orang tua, maka Allah akan menutup sumber rezeki kita termasuk urusan jodoh.

6. Menggunjing Dan Mengadu Domba Manusia
Sesungguhnya Allah swt telah menetapkan bahwa menggunjing tersebut adalah suatu perbuatan tercela, dan telah menyamakan terhadap penggunjing itu dengan orang yang makan daging bangkai.

Firman Allah SWT yang artinya:
“ Dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Apakah seorang diantara kamu suka makan daging saudaranya yang mati ?. Maka tentunya kamu merasa jijik kepadanya “. (QS. Al-Hujurat: 12)

7. Makan Rezeki yang Haram
Perkara haram juga dapat menjauhkan jodoh. Jika saat ini masih sulit jodoh, maka periksalah rezeki yang kita makan. Apakah sudah dicari dengan jalan halal, atau masih haram. Jika pun sudah halal, sudah kah kita menunaikan untuk mengeluarkan zakat. Karena sebenarnya, dalam harta kita terdapat hak-hak orang lain yang harus kita keluarkan.

8. Kikir
Salah satu cara mendapatkan jodoh adalah dengan memperbanyak sedekah. Jadi sebenarnya, jika kita tidak bersedekah, maka akan menghambat rahmat Allah yang lain. Salah satunya adalah jodoh. Banyak kisah-kisah tentang orang-orang yang menjemput jodoh dengan sedekah ini.

Hal-Hal Yang Menghalangi Jodoh Kita Hal-Hal Yang Menghalangi Jodoh Kita Reviewed by Rwang Inspirasi on 12:26:00 AM Rating: 5

No comments:

ads